AGUNG BUDIATI, 11144100011 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 TEMPEL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
HALAMAN DEPAN LENGKAP.pdf Download (895kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V DAN LAMPIRAN.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIB SMP Negeri 3 Tempel pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam masing-masing siklus ada empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Tempel yang terdiri dari 32 siswa. Objek penelitian adalah motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi operasi hitung bentuk aljabar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes prestasi belajar, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan: (1) motivasi belajar siswa pra tindakan dalam kategori cukup (56,09) meningkat menjadi (68,75) pada siklus I dan meningkat mencapai kategori tinggi (76,47) pada siklus II. (2) Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pra tindakan adalah 59,09 dengan ketuntasan dalam kategori kurang (28,13%) setelah diadakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 71,64 dengan ketuntasan mencapai kategori cukup (62,50%), dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 80,21 dengan ketuntasan mencapai kategori tinggi (87,50%).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tispe Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 Apr 2016 01:52 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 01:52 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/496 |
Actions (login required)
View Item |