RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Kasus SD Winongo Manulife)

ASEP NUGROHO, 12111100045 (2016) RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA (Studi Kasus SD Winongo Manulife). Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis multimedia untuk mempermudah visualisasi mata pelajaran IPA. Multimedia adalah salah satu Teknologi Informasi (TI) yang membahas mengenai penggabungan dua atau tiga elemen (suara, gambar dan text). Pemanfaatan multimedia sangat banyak digunakan diberbagai bidang khususnya bidang pendidikan, hal ini dikarenakan selain lebih menarik, proses penyampaian materi juga lebih mudah karena informasi yang akan disampaikan dilengkapi dengan gambar atau video. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini antara lain studi pustaka, wawancara, dan penyebaran kuisoner. Simpulan dari penelitian ini setelah melalui pengujian kotak hitam (black box test) dan pengujian alfa (alfa test). Hasilnya antara lain (1) Uji coba kemudahan menggunakan media pembelajaran 25 (83%) responden menjawab sangat mudah, 5(17%) responden menjawab mudah dan 0 (0%) responden menjawab sulit, (2) Uji coba kemudahan memahami materi 19 (63%) responden menjawab sangat mudah, 11 (37%) responden menjawab mudah dan 0 (0%) responden menjawab sulit, (3) Uji coba kelengkapan materi 24 (63%) responden menjawab sangat lengkap, 6 (20%) responden menjawab lengkap dan 0 (0%) responden menjawab tidak lengkap, (4) Uji coba manfaat media pembelajaran 25 (63%) responden menjawab sangat bagus, 5 (20%) responden menjawab bagus dan 0 (0%) responden menjawab tidak bagus, (5) Uji coba desain tampilan 28 (63%) responden menjawab sangat menarik, 2 (20%) responden menjawab menarik dan 0 (0%) responden menjawab tidak menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, IPA, Multimedia, Adobe Flash
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Fakultas Teknik > Tehnik Informatika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 27 Apr 2016 02:21
Last Modified: 27 Apr 2016 02:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item