IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH MATEMATIKA 1

DANURI, PGSD-UPY (2015) IMPLEMENTASI PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH MATEMATIKA 1. In: Prosiding Seminar Nasional-Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia.

[img]
Preview
Text
PROSIDING OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi problem-based learning (PBL) dalam pembelajaran mata kuliah Matematika 1. Selain itu peneltian ini juga ditujukan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar mahasiswa setelah menggunakan PBL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilaksanakan dengan 3 tahap yaitup lan, do dan see. Teknik pengumpulan datanya dengan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan datanya dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1). Implementasi pembelajaran PBL membuat siswa aktif, saling bekerjasama, berani mengemukakan pendapat dan memahami materi yang diajarkan (2) metode PBL juga dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dengan rata rata 57,5 pada siklus I; 76,6 pada siklus II; 88,3 pada siklus III dan 91,6 pada siklus IV.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PBL, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Prosiding
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 17 Feb 2016 06:57
Last Modified: 17 Feb 2016 06:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item