MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DISLEKSIA UNTUK MENGURANGI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN

Tri Wulan Sari, Universitas PGRI Yogyakarta and Anna Vitara, Universitas PGRI Yogyakarta and Maryta Perdana Putri, Universitas PGRI Yogyakarta (2015) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DISLEKSIA UNTUK MENGURANGI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.

[img]
Preview
Text
artikel tri wulan.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya seorang anak terlahir dengan keadaan dan kondisi yang berbeda-beda yang terbentuk dengan keunikan nya masing-masing, begitu pula anak yang mengidap disleksia. Dalam kegiatan pembelajaran membaca merupakan pelajaran yang sulit dilakukan anak-anak disleksia. Hal itu karena membaca merupakan kegiatan yang melibatkan kemampuan visual-auditori mereka secara bersamaan, seperti kemampuan memberikan makna simbol-simbol yang ada, yaitu huruf dan kata sedangkan anak yang menderita disleksia sulit untuk memahami hal-hal tersebut. Ketika kita menghakimi peserta didik sebagi siswa yang kurang pandai apakah sebenarnya kita sudah mempelajari sebab-sebab keterlambatannya dalam belajar dapat kita ketahui bahwadisleksia adalah sebuah kondisi ketidak mampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan pada orang tersebut dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Dengan demikian anak yang mengidap disleksia membutuhkan perhatian dan motivasi khusus untuk menumbuhkan semangat belajarnya agar dapat bersaing dan berkembang sesuai dengan teman-temannya sehingga kondisi psikis anak yang mengidap disleksia tidak akan terhambat, yang kerap terjadi anak yang mengidap disleksia biasanya akan menjadi bahan ledekan teman-temannya karna terkesan menjadi anak yang tidak pandai dan lamban dalam belajar .dengan adanya perlakuan yang sama dari giuru terhadap dirinya sehingga anak yang mengidap disleksia akan memiliki rasa percaya diri dan keyakinan akan kemampuan yang dimiliki untuk mengembangkan diri.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: disleksia, motivasi belajar, membaca permulaan
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca/ belajar membaca
Divisions: Prosiding
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 13 Feb 2016 02:27
Last Modified: 13 Feb 2016 02:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item