METODE BACAAN BERJILID UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA SEKOLAH DASAR

Rina Dyah Rahmawati, Universitas PGRI Yogyakarta (2015) METODE BACAAN BERJILID UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA SEKOLAH DASAR. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.

[img]
Preview
Text
artikel rina.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Budaya Jawa merupakan bagian dari budaya Indonesia, diantaranya terdapat ciri khas tersendiri yaitu pada Bahasa Jawa. Aksara Jawa merupakan bagian Bahasa Jawa yang bersumber dari tulisan Jawa dengan nilai historis yang sangat mendalam. Oleh karenanya Budaya Jawa ini harus terus dilestarikan sebagai warisan budaya yang adiluhung. Dalam rangka upaya tersebut, Bahasa Jawa termasuk di dalamnya Aksara Jawa menjadi muatan lokal wajib Sekolah Dasar di Propinsi daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai muatan lokal tentunya waktu pembelajaran untuk mata pelajaran ini termasuk sedikit yaitu 2 x 35 menit per minggunya, sementara materi yang diajarkan pada mata pelajaran ini tidak hanya Aksara Jawa. Oleh karenanya, metode yang digunakan pun menjadi terbatas. Kondisi ini didukung dengan anggapan siswa bahwa Aksara Jawa merupakan materi yang sulit karena banyaknya bentuk Aksara Jawa dengan aturan penulisan yang cukup rumit. Metode Bacaan Berjilid merupakan metode membaca lancar dan baik yang memanfaatkan buku dengan beberapa jilid. Dalam buku bacaan berjilid tersebut terdapat materi Aksara jawa dari bacaan yang sederhana dan pendek hingga bacaan yang panjang. Dengan metode ini diharapkan siswa Sekolah Dasar dapat secara mendalam memahami materi Aksara Jawa dan dapat membaca dengan lancar dan baik, sehingga Aksara Jawa yang merupakan warisan budaya Jawa dapat terus dilestarikan dalam perkembangan zaman yang semakin modern ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: metode bacaan berjilid, aksara jawa
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah dasar, PGTK, Play Group
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca/ belajar membaca
Bahasa > Bahasa Indonesia > Bahasa-bahasa Daerah di Indonesia
Divisions: Prosiding
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 13 Feb 2016 02:10
Last Modified: 13 Feb 2016 02:10
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item