METODE PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PADA ANAK DISKALKULIA

Linggar Pradani, Universitas PGRI Yogyakarta and Septia Lestari, Universitas PGRI Yogyakarta and Wahyu Ari Wibowo, Universitas PGRI Yogyakarta (2015) METODE PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PADA ANAK DISKALKULIA. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.

[img]
Preview
Text
artikel linggar.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Sudah menjadi permasalahan bangsa Indonesia dalam memecahkan anak didik yang mengalami kesulitan belajar khususnya dalam berhitung. Kesulitan belajar merupakan suatu kondisi dalam suatu proses belajar yang ditandai adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Studi pustaka ini bertujuan untuk memudahkan anak khususnya Sekolah Dasar yang mengalami kesulitan berhitung atau biasa disebut dengan diskalkulia. Diskalkulia adalah masalah yang memberi dampak terhadap operasi perhitungan dalam matematika. Metode pembelajaran menggunakan permainan dianggap tepat untuk menangani kesulitan berhitung pada anak diskalkulia. Metode permainan yang dipilih adalah ular tangga dimana permainan tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berhitung pada anak diskalkulia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: diskalkulia, keterampilan berhitung, metode permainan
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Prosiding
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 Feb 2016 08:02
Last Modified: 12 Feb 2016 08:02
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item