PEMBELAJARAN TEKNIK PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA

Isnaeni Pratiwi, Universitas PGRI Yogyakarta and Freyda Dwi Hapsari, Universitas PGRI Yogyakarta and Catur Budi Argo, Universitas PGRI Yogyakarta (2015) PEMBELAJARAN TEKNIK PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK DISLEKSIA. In: Proseding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda seorang Disleksia.

[img]
Preview
Text
artikel isnaeni.pdf

Download (219kB) | Preview

Abstract

Anak-anak di sekolah pada umumnya memiliki karakteristik individu yang berbeda, baik dari segi fisik, mental, intelektual, ataupun sosial-emosional. Ada siswa yang menempuh kegiatan belajranya dengan lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun di sisi lain tidak sedikit pula siswa yang justru mengalami berbagai kesulitan belajar. Beberapa anak mengalami gangguan membaca. Yang disebut dengan disleksia yaitu hilangnya kemampuan membaca. Kondisi tersebut bukan berbentuk ketidakmampuan fisik melainkan mengarah pada otak yang berfungsi sebagai pengolah dan pemroses informasi. Hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja, guru dan orang tua harus berusaha mencari jalan keluar untuk mengatasi kesulitan dalam belajar. Gejala disleksia, yaitu, ragu-ragu dan lambat dalam berbicara, kesulitan memilih kata yang tepat untuk menyampaikan maksud yang diucapkan, kesalahan mengeja yang dilakukan terus-menerus, membaca kata demi kata secara lamban dan intonasi naik turun, membalikkan huruf, kata, dan angka yang mirip, kesulitan dalam menulis. Penyebab disleksia diantaranya mengalami masalah mengingat perkataan, masalah penyusunan yang sistematis, masalah ingatan jangka pendek, dan masalah pemahaman sintaksis (tata bahasa). Di antara sekian banyak penyebab, faktor utamanya adalah otak. Alternatif penyembuhan disleksia, antara lain anak distimuasi di bagian otak dengan sejumlah pembelajaran membaca. Dengan menggunakan teknik Puzzle huruf pembelajaran membaca dan menulis diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan membaca pada anak disleksia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: disleksia, membaca, puzzle huruf
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan Khusus; Anak Berkebutuhan Khusus dan Inklusi
Divisions: Prosiding
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 Feb 2016 07:56
Last Modified: 12 Feb 2016 07:56
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

View Item View Item