EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP N 3 JETIS

Septi Hidayatun, UPY and Niken Wahyu Utami, UPY (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP N 3 JETIS. In: Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.

[img]
Preview
Text
FK40_Septi Hidayatun_Niken FIX 246-249.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP N 3 Jetis tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental design dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling, dari teknik tersebut diambil 2 kelas yang akan dijadikan sampel, satu kelas eksperimen dengan diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan satu kelas kontrol dengan diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Uji analisis data pretest dalam penelitian ini menggunakan uji independent sampel t-test hal tersebut bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal kedua kelas. Sebelum dilakukan uji rerata dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas nilai pretest menggunakan bantuan software SPSS 16, kelas eksperimen memperoleh nilai sig.= 0,193 > 0,05 dan pada kelas kontrol dengan nilai sig. = 0,052 > 0,05, sehingga nilai pretest kedua kelas berdistribusi normal. Dalam uji homogenitas diperoleh nilai sig. 0,633 > 0,05 sehingga variansi kedua kelas homogen. Uji beda rata-rata menunjukkan nilai sig. 0,813 > 0,05, sehingga kedua kelas mempunyai nilai rata-rata pretest yang sama. Jadi dapat disimpulkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung memiliki kemampuan awal yang sama. Posttest dilakukan setelah kedua kelas diberikan perlakuan. Hasil uji normalitas nilai posttest kelas eksperimen diperoleh nilai sig. 0,081 > 0,05 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig. 0,086 > 0,05, sehingga nilai posttest kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas nilai posttest diperoleh nilai sig. 0,128 > 0,05, sehingga variansi kedua kelas homogen. (1) Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai 77,26 dengan , artinya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) efektif. (2) Nilai rata-rata Posttest kelas kontrol mencapai 68,15 , artinya model pembelajaran Langsung efektif. (3) Hasil uji analisis menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih efektif dibanding model pembelajaran Langsung ditinjau dari pemahaman konsep matematika siswa, dengan .

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: efektif, model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), pemahaman konsep.
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Prosiding
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 05 Feb 2016 02:57
Last Modified: 05 Feb 2016 02:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item View Item