Pengembangan Media Book Education The Almost Animals (BEDU AMAL) Terhadap Minat Baca

Rahayuningsih, PGSD, UPY and Wahyu Kurniawati, UPY (2022) Pengembangan Media Book Education The Almost Animals (BEDU AMAL) Terhadap Minat Baca. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rahayuningsih.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengembangkan media Book Education The Almost Animals (Bedu Amal); 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media Book Education The Almost Animals (Bedu Amal) menurut para ahli media dan ahli materi terhadap minat baca; dan 3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan media Book Education The Almost Animals (Bedu Amal) terhadap minat baca. Penelitian ini menggunakan model dari Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini yaitu uji coba media skala terbatas melibatkan 10 siswa kelas IV, sedangkan uji coba lapangan utama melibatkan 44 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Book Education The Almost Animals (Bedu Amal) memuat materi tentang hewan langka. Hasil penilaian dari ahli materi skor total yaitu 24 berkriteria Baik dan ahli media skor total yaitu 44 berkriteria Sangat Baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk media Book Education The Almost Animals (Bedu Amal) yang dikembangkan layak digunakan untuk media pembelajaran. Melalui uji lapangan utama bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata posttest yaitu 66,91, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest yaitu 61,09. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Book Education The Almost Animals (Bedu Amal) efektif terhadap minat baca siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Book Education The Almost Animals (Bedu Amal), Minat Baca.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 03 Oct 2022 04:21
Last Modified: 03 Oct 2022 04:21
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3617

Actions (login required)

View Item View Item