NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL PUTRI KOMODO KARYA MICHAEL YUDHA WINARNO DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA

Natalia Nopia, PBSI (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL PUTRI KOMODO KARYA MICHAEL YUDHA WINARNO DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA. PBSI, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
NATALIA_NOPIA.pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan wujud nilai-nilai pendidikan moral yang terdapat dalam novel Putri Komodo karya Michael Yudha Winarno, (2) mendeskripsikan relevansi novel Putri Komodo karya Michael Yudha Winarno sebagai bahan ajar di SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini adalah kutipan-kutipan kata dan mengandung nilai pendidikan moral dalam novel Putri Komodo karya Michael Yudha Winarno. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Putri Komodo karya Michael Yudha Winarno. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode baca catat dan metode kajian kepustakaan. Berkaitan telaah analisis data, penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Simpulan penelitian ini mencakup dua hal yakni pertama, pada novel Putri Komodo karya Michael Yudha Winarno. Peneliti menggunakan empat nilai moral yaitu (1) nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan Tuhan, (2) nilai pendidikan yang berkaitan dengan diri sendiri, (3) nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan sesama, (4) nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan lingkungan alam. Dari 147 data yang ditemukan, adapun nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan Tuhan berjumlah 59 data, nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan diri sendiri berjumlah 19, nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan sesama berjumlah 57 data, nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan lingkungan alam berjumlah 12 data. Dalam novel Putri Komodo karya michael Yudha Winarno nilai moral yang paling banyak muncul adalaah nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan Tuhan dan nilai pendidikan moral yang berkaitan dengan sesama. Kedua, penelitian ini memiliki relevansi untuk guru sebagai bahan ajar yang terkait materi nilai pendidikan moral dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada KD 7.2 untuk SMA kelas X1 semester ganjil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan moral, novel Putri Komodo, Bahan ajar
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 04:35
Last Modified: 16 Mar 2022 04:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item