PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS 1B SD SONOSEWU KASIHAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ika Novia Erlina, 11144600152 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS TEGAK BERSAMBUNG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS 1B SD SONOSEWU KASIHAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL_IKA NOVIA ERLINA_11144600152.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis tegak bersambung pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas IB SD Sonosewu Kasihan Bantul tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) kolaboratif peneliti dan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pada pra tindakan rata-rata nilai siswa adalah 63,26 dengan persentase ketuntasan 40,9%, pada siklus I meningkat 10,87 menjadi 74, 13 dengan persentase ketuntasan 73,9%, karena belum mencapai persentase indikator keberhasil maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata sebesar 11,26 sehingga rata-rata nilai siswa adalah 85,39 dengan persentase ketuntasan 91,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar menulis tegak bersambung pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning siswa kelas IB SD Sonosewu Kasihan Bantul tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Menulis Tegak Bersambung, Pendekatan CTL, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Bahasa > Bahasa Indonesia
Bahasa > Bahasa Indonesia > Sistem Tulisan, Penulisan (alfabet, braille, tanda baca)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 Feb 2016 02:04
Last Modified: 02 Feb 2016 02:04
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item