PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD SE GUGUS KARTINI ROWOKELE KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Amin Prasetyo Aji, 11144600156 (2015) PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD SE GUGUS KARTINI ROWOKELE KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Amin Prasetyo Aji (11144600156).pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kebiasaan membaca siswa, 2) tingkat perhatian orang tua siswa, 3) prestasi belajar siswa, 4) pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar, 5) pengaruh tingkat perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, dan 6) pengaruh kebiasaan membaca dan tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SD Segugus Kartini Rowokele Kebumen. Penelitian dilaksanakan di SD Segugus Kartini Rowokele Kebumen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas III SD Segugus Kartini Rowokele Kebumen yang berjumlah 147 siswa dan sampel penelitian yang berjumlah 99 siswa dengan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kebiasaan membaca (X1) dilihat dari besarnya rata-rata 11,81 sebesar 58,59% berada pada kategori sangat tinggi, 2) tingkat perhatian orang tua (X2) dilihat dari besarnya rata-rata 12,24 sebesar 68,69% berada pada kategori sangat tinggi, 3) prestasi belajar (Y) dilihat dari nilai rata-rata 74,52 sebesar 46,46% berada pada kategori tinggi, 4) ada pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung= 2,710, dengan p = 0,000, ttabel = 1,66, maka thitung> ttabel dan p < 0,05 artinya semakin baik kebiasaan membaca maka semakin tinggi pula prestasi belajar, demikian juga sebaliknya semakin rendah kebiasaan membaca maka semakin rendah pula prestasi belajar, 5) ada pengaruh yang positif dan signifikan tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung= 3,164, dengan p = 0,005, ttabel = 1,66, maka thitung> ttabel dan p < 0,05, artinya semakin tinggi tingkat perhatian orang tua maka semakin tinggi prestasi belajar, 6) ada pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan membaca dan tingkat perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SD Segugus Kartini Rowokele Kebumen, dengan diperoleh Fhitung = 23,711, Ftabel = 3,091, dimana Fhitung> Ftabel, p<0,05, artinya semakin baik kebiasaan membaca siswa dan semakin tinggi tingkat perhatian orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh yang positif kebiasaan membaca dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akan memberikan wawasan dan pandangan bagi sekolah dalam membentuk kebiasaan membaca yang baik dan meningkatkan tingkat perhatian orang tua sehingga tujuan pembelajaran dan prestasi belajar yang baik dapat tercapai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, tingkat perhatian orang tua, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca/ belajar membaca
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:08
Last Modified: 01 Feb 2016 04:08
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/311

Actions (login required)

View Item View Item