EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD BAKALAN SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Ani Widyastuti, 11144600117 (2015) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD BAKALAN SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Ani Widyastuti (11144600117).pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan berbicara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Time Token Arends dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Bakalan, Sewon, Bantul. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan desain eksperimental semu (Quasi Experimental Design) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Bakalan, Sewon, Bantul tahun ajaran 2015/2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja berupa hasil posttest keterampilan berbicara siswa. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan computer program SPSS ver.20.0 sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan hasil belajar keterampilan berbicara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Time Token Arends dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ditinjau dari nilai posttest siswa dengan uji Independent Sample T-Test sig. (2-tailed) = 0,022 < 0,05 atau t hitung > t tabel = 2,382 > 2,018. Dengan demikian, model pembelajaran Time Token Arends efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas 5 sd Bakalan, Sewon, Bantul Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Time Token Arends, Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:58
Last Modified: 01 Feb 2016 03:58
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item