EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN BIBIS BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015-2016

Teguh Eko Pamuji, 11144600108 (2015) EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN BIBIS BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015-2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL TEGUH EKO PAMUJI.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan diterapkan model pembelajaran ini, efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektifitas model kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015-2016? Dengan tujuan penelitian yaitu efektifitas penggunaan model kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar IPS pada siswa di kelas IV SD SDN Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel penelitian adalah siswa kelas IV A dan IV B SDN Bibis Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta yang berjumlah 56 siswa. Pemilihan satu kelas yaitu kelas IV A dijadikan sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IV B dijadikan kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif stastistik dengan teknik uji-t menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini diketahui dari uji t presti belajar siswa dengan nilai sig. (2-tailed) baris equal variances asummed sebesar 0,002 atau 0,002 < 0,05. Selain itu dilihat dari nilai t hitungannya adalah 3,219 lebih besar dari t tabel yaitu 2,010 atau 3,219 > 2,010. (2) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif dari pada menggunkan pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui Ditunjukan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki rata rata post-test 86,87, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai post-test 76,89.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas model kooperatif tipe jigsaw, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 30 Jan 2016 02:09
Last Modified: 30 Jan 2016 02:09
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item