UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA

Febti Nur Romiyanti, 11144100114 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL_FEBTI_NUR_ROMIYANTI.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 mata pelajaran matematika materi pokok kubus dan balok dengan model Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 11 Yogyakarta pada tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 11 Yogyakarta semester genap tahun ajaran 2014/2015. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) materi pokok kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi keaktifan belajar, tes kemampuan pemecahan masalah, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis hasil observasi dan analisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas VIII D SMP Negeri 11 Yogyakarta dengan model Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditandai dengan: (1) Meningkatnya keaktifan belajar dengan rata-rata hasil observasi keaktifan belajar pada tiap siklusnya, yaitu sebesar 58,96% pada siklus I meningkat menjadi 84,09% pada siklus II. (2) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika juga mengalami peningkatan tiap aspeknya, yaitu memahami masalah sebesar 52,56% pada siklus I meningkat menjadi 94,95% pada siklus II, merencanakan penyelesaian masalah sebesar 50,91% pada siklus I meningkat menjadi 85,05% pada siklus II, melaksanakan rencana penyelesaian 61,41% pada siklus I meningkat menjadi 75,51% pada siklus II, memeriksa kembali/mengecek hasilnya 42,17% pada siklus I meningkat menjadi 85,48% pada siklus II. (3) Persentase observasi keterlaksanaan pembelajaran yakni 68,06% pada siklus I meningkat menjadi 89,58% pada siklus II.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jan 2016 04:01
Last Modified: 29 Jan 2016 04:01
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item