Hervandha Ris Daniarti Fadlilah, 11144600134 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PKn BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PENDULAN SUMBERSARI MOYUDAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
JURNAL.pdf Download (569kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui kualitas rancangan pengembangan media pembelajaran PKn berbasis Lectora Inspire pada siswa kelas IV SD Negeri Pendulan tahun ajaran 2015/2016, (2) mengetahui daya tarik siswa terhadap media pembelajaran PKn berbasis Lectora Inspire pada siswa kelas IV SD Negeri Pendulan tahun ajaran 2015/2016, (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran PKn berbasis Lectora Inspire pada siswa kelas IV SD Negeri Pendulan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pendulan pada semester gasal tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pendulan sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket respon siswa, pedoman wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata, nilai persentase, dan uji t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan: (1) Bahwa produk media pembelajaran PKn memiliki kualitas yang baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penilaian ahli materi ditinjau dari aspek pembelajaran dan aspek isi menunjukkan skor rata-rata 3.9 dengan kriteria baik. Hasil penilaian ahli media ditinjau dari aspek desain aplikasi dan komunikasi visual dan aspek rekayasa perangkat lunak menunjukkan skor rata-rata 3.76 dengan kriteria baik. (2) Hasil angket respon siswa uji coba terbatas diperoleh persentase 95.83% dengan kriteria sangat baik dan uji coba lapangan diperoleh persentase 86.84% dengan kriteria sangat baik. Hasil wawancara pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. (3) Keefektifan media berdasarkan hasil Paired Sample T-test bahwa t hitung 10.456 > t tabel 2.093 perbedaan nilai pre-test dan post-test signifikan dengan signifikansi 0.000 < 0.05 maka ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran PKn berbasis Lectora Inspire ditinjau dari nilai pre-test dan post-test siswa kelas IV SD Negeri Pendulan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, media pembelajaran, PKn, Lectora Inspire |
Subjects: | Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan Pendidikan Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 06:09 |
Last Modified: | 27 Jan 2016 06:09 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/215 |
Actions (login required)
View Item |