UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH SENGGOTAN KASIHAN BANTUL

Dwi Slamet Rahayu, 11144600060 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH SENGGOTAN KASIHAN BANTUL. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Dwi Slamet Rahayu.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Senggotan Kasihan Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Senggotan pada bulan Agustus 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah Prestasi Belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Senggotan Bantul tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model think pair and share dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar IPS pada siswa kelas III. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 62,85 dengan presentase ketuntasan 42,85%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 69,52 dan presentase ketuntasan pada siklus I 62%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,04 dengan presentase ketuntasan 100%. Keaktifan siswa juga meningkat, dimana pada siklus I keaktifan siswa 70,01%, kemudian meningkat cukup signifikan menjadi 84,52% pada siklus II artinya terjadi peningkatan sebesar 14,51%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:35
Last Modified: 27 Jan 2016 04:35
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/209

Actions (login required)

View Item View Item