UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 KLATEN

Surya Kurniasih, 07462049 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 KLATEN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe role playing pada siswa kelas VA SD Negeri 2 Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 2 Klaten pada tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe role playing. Prosedur penelitian melalui dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Tehnik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran dan hasil tes belajar. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa. Indilator keberhasilan penelitian apabila minimal 75% siswa telah mencapai nilai KKM 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing dapat meningkatkan: (1) Prestasi belajar siswa pada saat pra siklus diperoleh ratarata nilai IPS 63,04 dengan persentase ketuntasan 47,83%, pada siklus I rata-rata nilai IPS naik menjadi 69,57 dengan persentase ketuntasan menjadi 69,57%, pada siklus II rata-rata nilai IPS menjadi 78,26 dengan persentase ketuntasan 82,61%. (2) Keaktifan belajar siswa meningkat, pada siklus I sebesar 57,6% dengan kriteria “cukup”, pada siklus II meningkat menjadi 73,7% dengan kriteria “tinggi”.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPS, Kooperatif Tipe Role Playing, dan Meningkat
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 04:23
Last Modified: 27 Jan 2016 04:23
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item