UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII B SMP N 1 SEYEGAN

Vikcy Mita Martina, 11144100030 (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VII B SMP N 1 SEYEGAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL VIKCY MITA MARTINA.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar dalam pembelajaran matematika dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Seyegan pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Seyegan pada tahun 2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII B yang terdiri 32 siswa. Obyek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi Segiempat dan Segitiga. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus pertama dan kedua dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan, tes prestasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu dari hasil observasi, angket, catatan lapangan, tes prestasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan langkah penomoran, dan pembentukan kelompok terlaksana dengan baik, dengan tingkat keterlaksanaan 76,92% pada siklus I dan 88,45% pada siklus II, sehingga dapat meningkatkan 1) aktivitas belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Seyegan, dengan rata-rata awal 64,59% (Kategori sangat rendah), setelah dilakukan siklus I rata-rata sebesar 72,7% (Kategori cukup), setelah dilakukan siklus II rata-rata menjadi 82,81% (kategori tinggi). 2) Prestasi belajar siswa dari nilai rata-rata kelas awal sebelum tindakan sebesar 62,25 dengan ketuntasan sebesar 18,75% (kategori sangat rendah), setelah dilakukan siklus I rata-rata sebesar 75,91 dengan ketuntasan kelas sebesar 56,25% (kategori cukup), setelah dilakukan siklus II rata-rata menjadi 83,09 dengan ketuntasan sebesar 82,37% (kategori tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Prestasi belajar, Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 27 Jan 2016 03:32
Last Modified: 27 Jan 2016 03:32
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item