T. Pramono, UT UPBJJ Yogyakarta (2017) MENGOPTIMALKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SETIAP KEGIATAN PEMBELAJARAN. In: Seminar Nasional PGSD Universitas PGRI Yogyakarta, 18 Desember 2017 : ISBN 978-602-50837-1-6.
|
Text
0A. Cover Prosiding SEMNAS PGSD 2017 UPY.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
23. T. Pramono.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Makalah ini, disusun bertujuan untuk menemutunjukkan permasalahan yaitu dengan menggunakan alat peraga yang didesain oleh para pembelajar sendiri. Ada pun alat peraga pembelajaran tersebut dapat berasal dari benda yang diperoleh dari lingkungan sekitar yang ada.. Dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan metode demonstrasi yaitu memperagakan alat-alat yang sudah didesain untuk menjelaskan konsep-konsep materi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengoptimalkan penggunaan alat peraga diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini dapat dimengerti bahwa alat peraga dalam pembelajaran memiliki peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Unsur alat merupakan unsur yang tidak dapat dilepaskan dan berfungsi sebagai media pembelajaran untuk mencapai tujuan yang optimal. Alat peraga juga bermanfaat agar pelajaran yang disampaikan guru menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa. dalam proses belajarnya.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengoptimalkan, Alat Peraga, Pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. |
Divisions: | Prosiding |
Depositing User: | Mr. Nugroho |
Date Deposited: | 25 May 2018 03:33 |
Last Modified: | 25 May 2018 03:33 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1814 |
Actions (login required)
View Item |