UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION KELAS VIIC SMP NEGERI 2 NANGGULAN

Sri Nuryani, 11144100093 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION KELAS VIIC SMP NEGERI 2 NANGGULAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SRI NUYANI.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Nanggulan tahun ajaran 2014/2015. Objek penelitian adalah keaktifan dan prestasi belajar matematika dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada materi segiempat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu hasil observasi, catatan lapangan, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Nanggulan pada pembelajaran matematika materi segiempat. Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I 58,63% (Kualifikasi Cukup), pada siklus II 77,75% (Kualifikasi Tinggi). Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu pada tes pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 52,45 (Kualifikasi Cukup) dengan persentase ketuntasan belajar 6,45% (Kualifikasi Rendah), pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 72,90 (Kualifikasi Cukup) dengan persentase ketuntasan belajar 77,42% (Kualifikasi Tinggi), dan pada tes siklus II nilai rata-rata kelas 81,94 (Kualifikasi Tinggi) dengan persentase ketuntasan belajar 80,6% (Kualifikasi Tinggi).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, keaktifan, prestasi belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:17
Last Modified: 27 Jan 2016 06:49
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item