UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 WONOSARI SADANG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Himawan Agus Candra, 11144600021 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 WONOSARI SADANG KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jurnal Himawan Agus Candra.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada siswa kelas II SD Negeri 1 Wonosari Sadang Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Wonosari Sadang Kebumen Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 11 siswa terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan siswa serta tes hasil evaluasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran Scramble diperoleh nilai rata-rata evaluasi belajar siswa meningkat dari 66 pada pra siklus menjadi 71,2 pada siklus 1 dan 79 pada siklus II. Ketuntasan evaluasi belajar siswa meningkat 45,45% pada pra siklus menjadi 63,6% pada siklus 1 dan 81,8% pada siklus II. Aktivitas menulis mengalami peningkatan dari 64,36% pada siklus 1 menjadi 80,1% pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Scramble ini dapat meningkatkan kemampuan menulis belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 1 Wonosari Sadang Kebumen Tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, Bahasa Indonesia, model pembelajaran Scramble
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:36
Last Modified: 26 Jan 2016 02:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item