Angling Sari Rahmawati, 11144200078 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR DENGAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Angling Sari Rahmawati.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk upaya meningkatkan pemahaman belajar dengan layanan informasi menggunakan sosiodrama pada kelas VIII A SMPN 1 Sentolo Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan konseling. Subyek penelitian berjumlah 26 siswa kelas VIII A SMPN 1 Sentolo Tahun 2015/2016. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, praktik sosiodrama dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada prasiklus terdapat 10 siswa (38,46%) yang memiliki pemahaman belajar. Setelah dilakukan layanan informasi, pada siklus pertama yaitu menjadi 13 siswa (50.00%) yang pemahaman belajarnya meningkat.Kemudian setelah diberi layanan informasi pada siklus kedua menjadi 18 siswa (69,23%) yang meningkat pemahaman belajarnya.Maka dari itu penggunaan layanan informasi melalui sosiodrama mempengaruhi peningkatan pemahaman belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman belajar, layanan informasi, Sosiodrama |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 02:31 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 02:31 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/150 |
Actions (login required)
View Item |