UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR DENGAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2015/2016

Angling Sari Rahmawati, 11144200078 (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR DENGAN LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Angling Sari Rahmawati.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk upaya meningkatkan pemahaman belajar dengan layanan informasi menggunakan sosiodrama pada kelas VIII A SMPN 1 Sentolo Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan konseling. Subyek penelitian berjumlah 26 siswa kelas VIII A SMPN 1 Sentolo Tahun 2015/2016. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, praktik sosiodrama dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada prasiklus terdapat 10 siswa (38,46%) yang memiliki pemahaman belajar. Setelah dilakukan layanan informasi, pada siklus pertama yaitu menjadi 13 siswa (50.00%) yang pemahaman belajarnya meningkat.Kemudian setelah diberi layanan informasi pada siklus kedua menjadi 18 siswa (69,23%) yang meningkat pemahaman belajarnya.Maka dari itu penggunaan layanan informasi melalui sosiodrama mempengaruhi peningkatan pemahaman belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemahaman belajar, layanan informasi, Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:31
Last Modified: 26 Jan 2016 02:31
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item