Theresia Ajeng Prisnawati, 11144200035 (2015) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA KELAS VIIB SMP N 1 SENTOLO TAHUN AJARAN 2015/2016. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
ARTIKEL THERESIA AJENG PRISNAWATI.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru BK dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan teknik sosiodrama kelas VII B SMPN 1 Sentolo. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1Sentolo tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah33 siswa. Sedangkan pengambilan sempel menggunakan purposive sampling (pengambilan sempel secara sengaja sesuai sempel yang diperlukan)berjumlah5 siswa kelas VII B SMP Negeri 1 sentolo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi (pengamatan), teknik interview (wawancara), dan teknik dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mengumpulkan data kemudian menyajikan data dalam bentuk uraian deskriptif kemudian menarik kesimpulan dari data tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya Guru BK dalam meningkatkan kepercayaan diri diri siswa dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sentolo berjalan dengan baik, hal tersebut nampak dari antusiasisme dan keaktifan siswa setelah melakukan praktik sosiodrama. Kurangnya kepercayaan diri siswa ditandai dengan kurang mampu mengungkapkan pendapat, kurang mampu berpikir secara mandiri, pemalu dan cenderung menutup diri atau pendiam. Setelah di lakukan praktik sosiodrama, terlihatada peningkatan kepercayaan diri siswa yang ditandai denganadanya beberapa siswa yang aktif dikelas serta mampu untuk berpendapat dikelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Percaya Diri, Sosiodrama |
Subjects: | Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Perkembangan Kepribadian dan karakter Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 02:25 |
Last Modified: | 26 Jan 2016 02:25 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/149 |
Actions (login required)
View Item |