Rarastiti Kusuma Nugraheni, 11144600135 (2015) PENGARUH PERAN ORANGTUA MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SD SE-GUGUS SINDUHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Jurnal Rarastiti Kusuma Nugraheni.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh peran orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD Se-gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Peran orang tua siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 64,91%. (2) Motivasi belajar siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 82,46%. (3) Lingkungan keluarga siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 78,95%. (4) Prestasi belajar siswa kelas 3 SD se-gugus Sinduharjo Sleman termasuk dalam kategori tinggi yaitu 53,51%. (5) ada pengaruh peran orang tua terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,111, dengan p = 0,037, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05 artinya semakin baik peran orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar, demikian juga sebaliknya semakin rendah peran orang tua maka semakin rendah prestasi belajar. (6) ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,035, dengan p = 0,044, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05, artinya semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi prestasi belajar. (7) ada pengaruh antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, dengan diperoleh thitung = 2,856, dengan p = 0,005, ttabel = 1,659, maka thitung> ttabel dan p < 0,05, artinya semakin tinggi lingkungan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar. (8) ada pengaruh peran orang tua, motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa Kelas III SD se-gugus Sinduharjo Sleman Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan diperoleh Fhitung = 8,309, Ftabel = 2,687, dimana Fhitung> Ftabel, p<0,05, artinya semakin baik peran orang tua, semakin tinggi motivasi belajar dan semakin baik lingkungan keluarga maka semakin tinggi prestasi belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran orang tua, motivasi belajar, lingkungan keluarga, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 04:21 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 04:21 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/138 |
Actions (login required)
View Item |