UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 3 KASIHAN

Devi Natalia, 10144100223 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 3 KASIHAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI DEVI.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share pada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 Kasihan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIE sebanyak 25 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara guru matematika kelas VIIIE SMP Negeri 3 Kasihan dan peneliti. Desain penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Taggart, dengan tahapan penelitian perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes hasil belajar matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara deskriptif kualitatif maupun secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3 Kasihan pada pembelajaran matematika. Hal ini terbukti dari: (1) peningkatan hasil belajar siswa aspek kognitif dari rata-rata kelas nilai pra tindakan 55 (kategori cukup) dengan ketuntasan 4% menjadi 71,92 (kategori cukup) dengan ketuntasan 60% pada siklus I dan meningkat 83,84 (kategori tinggi) dengan ketuntasan 84% pada siklus II; (2) minat siswa pada pra tindakan ada 1 siswa (4%) kategori rendah, 12 siswa (48%) kategori kurang, 12 siswa (48%) kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat ada 22 siswa (88%) kategori cukup, 3 siswa (12%) kategori tinggi, dan meningkat pada siklus II ada 6 siswa (24%) kategori cukup, 19 siswa (76%) kategori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share, minat belajar siswa, hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:11
Last Modified: 25 Jan 2016 04:11
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/135

Actions (login required)

View Item View Item