UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 SLEMAN

Nofita Setiyaningsih, 11144100039 (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 SLEMAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Nofita Setiyaningsih (11144100039).pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kubus dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VIII C SMP N 2 Sleman. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sleman sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Variabel penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan secara kolaboratif antara guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 2 Sleman dan peneliti. Desain penelitian menggunakan desain Kemmis dan MC. Taggart dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, angket, kuis, tes prestasi belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik data kualitatif maupun data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together)yang dilaksanakan dengan langkah penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama, pemberian jawaban, dan penghargaan terlaksana dengan baik, dengan tingkat keterlaksanaan siswa mengalami peningkatan dari rata-rata persentase siklus I 74,28% kategori tinggi menjadi 87,62% kategori sangat tinggi pada siklus II sehingga meningkatkan: (1) Motivasi belajar siswa dari rata-rata 59,09% kategori cukup menjadi 65,12% kategori tinggi pada siklus I dan meningkat menjadi 80,50% sangat tinggi pada siklus II; (2)Prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Sleman dari nilai rata-rata kelas sebelum tindakan sebesar 62,13 dengan ketuntasan awal sebesar 34,38% kategori cukup, setelah diadakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 76,69 dengan ketuntasan 56,25% kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 81,52 dengan ketuntasan sebesar 84,38% kategori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), motivasi dan prestasi belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:02
Last Modified: 25 Jan 2016 04:02
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item