UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 PAJANGAN

Rohimatul Azizah, 11144100106 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 2 PAJANGAN. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ROHIMATUL AZIZAH.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan aritmetika sosial dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Peneliatian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pajangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pajangan. Objek penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar matematika dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran Pendidikam Matematika Realistik Indonesia pada pokok bahasan aritmetika sosial. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Pada akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik data kualitatif maupun data kuantitatif dari berbagai sumber yaitu hasil observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Pajangan pada pembelajaran matematika. Keaktifan siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I 65,91% (Kualifikasi Cukup), pada siklus II 76,42% (Kualifikasi Tinggi). Hasil belajar juga mengalami peningkatan pada pra siklus 54,69 (Kriteria Cukup) dengan ketuntasan kelas 0%, pada siklus I 65,97 (Kriteria Cukup) dengan ketuntasa kelas 53,13% , pada siklus II 75,87 (Kriteria Tinggi) dengan ketuntasan kelas 78,13%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik Indonesian (PMRI), keaktifan, hasil belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:57
Last Modified: 25 Jan 2016 03:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item