UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 2 GAMPING

Intan Mira Depita, 11144100190 (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 2 GAMPING. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Artikel Intan Mira Depita (11144100190).pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika ranah afektif dan ranah kognitif pada pokok bahasan segiempat dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Leraning). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Gamping pada tahun ajaran 2014/2015. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIF berjumlah 34 siswa dan obyek penelitiannya adalah meningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti bekerjasama dengan guru matematika. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, wawancara, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data yang tersedia, baik secara deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan: (1) Keterlaksanaan pembelajaran sebesar 63,69% kategori cukup pada siklus I, meningkat menjadi 78% kategori tinggi pada siklus II, sehingga keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 14,31%; (2) Hasil belajar ranah afektif dalam kategori tinggi dicapai 25,81% pada siklus I meningkat menjadi 78,125% pada siklus II; (3) Hasil belajar ranah kognitif siswa dengan nilai rata-rata hasil tes pra siklus adalah 40,97 dengan ketuntasan mencapai 6%, setelah diadakan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 64,84 dengan ketuntasan mencapai 51,61%, pada siklus II meningkat menjadi 87,18 dengan ketuntasan mencapai 88%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Hasil belajar matematika ranah afektif dan ranah kognitif
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:53
Last Modified: 25 Jan 2016 03:53
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item