Nurul Arum Sulistyowati, 11144100062 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 SENTOLO. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel Nurul Arum Sulistyowati (11144100062).pdf Download (113kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Sentolo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIC yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa pada materi segiempat. Desain penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart dengan setiap siklusnya meliputi rencana tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama dan kedua dilaksanakan dalam 6 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah seluruh data yang tersedia secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Hal ini dapat dibuktikan dari : (1) Keaktifan belajar matematika siswa berdasarkan hasil observasi pada siklus I rata-rata keaktifan siswa termasuk kategori cukup (70,94%), terdapat 26 siswa (81,25%%) termasuk kategori cukup, 6 siswa (18,75%) termasuk kategori tinggi. Siklus II memperoleh rata-rata keaktifan siswa termasuk kategori baik (75,45%), terdapat 18 siswa (56,25%) termasuk kategori cukup, 14 siswa (43,75%) termasuk kategori tinggi; (2) Hasil belajar matematika siswa meningkat, rata-rata nilai pada pra siklus sebesar 52,19 dengan ketuntasan 9,37% pada siklus I meningkat menjadi 65,00 dan pada siklus II meningkat menjadi 85,13 dengan ketuntasan 81,25%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Keaktifan dan Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 03:32 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 03:32 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/120 |
Actions (login required)
View Item |