UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA

Windri Suci Setiawati, 11144100102 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL WINDRI_11144100102.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan prisma dan limas melalui model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 dan objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan memecahkan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes pemecahan masalah, angket respon siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik secara deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe mind mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari nilai pra siklus 51,35 (kriteria cukup) menjadi 72,63 (kriteria cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,95 (kriteria tinggi). Ketuntasan belajar siswa meningkat dari pra siklus sebanyak 8 siswa (23,53%), pada siklus I sebanyak 22 siswa (58,82%), dan pada siklus II sebanyak 27 siswa (79,41%).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe mind mapping, pemecahan masalah
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:33
Last Modified: 25 Jan 2016 03:33
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item