Freyda Dwi Hapsari, 12144600079 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL VISUAL AUDITORY KINESTETHIC (VAK) SISWA KELAS V SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1;hlm, sampul, Abstrak, Persetujuan hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (847kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka+Lampiran Penting.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic (VAK) yang dilakukan pada siswa kelas V SD 1 Pedes Sedayu Bantul tahun ajaran 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas pada penelitian ini mengacu pada model spiral dari Kemmis dan McTaggart. Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observsi/pengamatan; dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD 1 Pedes Sedayu Bantul pada bulan April sampai dengan Juni 2016. Subjek penelitian ini, siswa kelas V SD 1 Pedes Sedayu Bantul yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini adalah mata pelajaran Matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Visual Auditory Kinestethic (VAK) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V SD 1 Pedes Sedayu Bantul tahun ajaran 2015/2016. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh dengan peningkatan motivasi belajar siswa pada pra siklus persentase siswa yang termotivasi mencapai 17,85%, kemudian pada pelaksanaan siklus I persentase siswa yang termotivasi meningkat menjadi 71,42%, pada pelaksanaan siklus II persentase siswa yang termotivasi meningkat menjadi 73,07% dan pada pelaksanaan siklus III persentase siswa yang termotivasi meningkat menjadi 85,18%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Model Visual Auditory Kinestethic (VAK), Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll. Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 03:02 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 03:02 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1052 |
Actions (login required)
View Item |