PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2015/1016

Yunita Dwi Cahyani, 12144200008 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2015/1016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah sebagian siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 181 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil sebagian pulasi sebesar 60 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif signifikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,502 dengan p = 0,000 lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Dengan demikian semakin baik pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada siswa maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi maka semakin rendah prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan konseling yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat positif sehingga prestasi belajar siswa tercapai lebih baik. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling mampu meningkatkan kegiatan yang positif pada siswa di rumah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 31 Aug 2016 02:28
Last Modified: 31 Aug 2016 02:28
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item