PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG TODONG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD 2 PEDES ARGOMULYO SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Putri Kenastiti, 12144600148 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG TODONG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SD 2 PEDES ARGOMULYO SEDAYU BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media berdasarkan validasi ahli materi dan ahli media, mengetahui daya tarik media berdasarkan respon siswa dan observasi, serta mengetahui peningkatan rata-rata keterampilan mendengarkan siswa berdasarkan nilai pretes dan postes. Penelitian ini dilaksanakan di SD 2 Pedes Argomulyo, Sedayu, Bantul DIY pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD 2 Pedes sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah persentase dan rata-rata. Hasil kualitas media secara keseluruhan adalah baik dengan skor 3,77. Hasil daya tarik media berdasarkan respon siswa pada uji coba terbatas diperoleh persentase 84% dengan kategori menarik, sedangkan untuk uji coba lapangan diperoleh persentase sebesar 90,76% dengan kategori sangat menarik. Hasil daya tarik media berdasarkan observasi yaitu 81% pada uji coba terbatas dan 80,85% pada uji coba lapangan. Dari hasil observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa tertarik dengan penggunaan media Wayang Todong. Nilai rata-rata pretes adalah 66,33, sedangkan nilai rata-rata postes adalah 80,57 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan mendengarkan pada siswa kelas II SD 2 Pedes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Wayang Todong, Dongeng
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 31 Aug 2016 02:06
Last Modified: 31 Aug 2016 02:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item