KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 SLEMAN

ANA KUNAIFAH, 12144100052 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas pembelajaran matematika antara siswa dengan menggunakan model CTL dan siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional yang ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan pretest-posttest control group design dengan mengambil dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satunya sebagai kelas kontrol yang diambil secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan (purposive sampling). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sleman, dan sampelnya adalah siswa dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model CTL dan siswa dari kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah paired sample t-test (uji-t) dan independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian ini dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model CTL karena nilai P-value = 0,000 < 12 α, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan pendekatan konvensional karena nilai P-value = 0,000 < 12 α, dan hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil postes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol karena nilai P-value = 0,000 < α.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis,model CTL, dan pendekatan konvensional
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Aug 2016 06:51
Last Modified: 30 Aug 2016 06:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item