ANA KUNAIFAH, 12144100052 (2016) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 3 SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf Download (868kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas pembelajaran matematika antara siswa dengan menggunakan model CTL dan siswa dengan menggunakan pendekatan konvensional yang ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan pretest-posttest control group design dengan mengambil dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satunya sebagai kelas kontrol yang diambil secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan (purposive sampling). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sleman, dan sampelnya adalah siswa dari kelas VII E sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan model CTL dan siswa dari kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah paired sample t-test (uji-t) dan independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian ini dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan model CTL karena nilai P-value = 0,000 < 12 α, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan pendekatan konvensional karena nilai P-value = 0,000 < 12 α, dan hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil postes kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol karena nilai P-value = 0,000 < α.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi matematis,model CTL, dan pendekatan konvensional |
Subjects: | Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar Matematika > Pengajaran Matematika/ belajar matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 06:51 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:51 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1027 |
Actions (login required)
View Item |