UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V A SD KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN

Fajar Tyas Prihana, 12144600203 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA SISWA KELAS V A SD KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1; hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen 2 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
Dokumen 3 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
Dokumen 4 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen 5 BAB V dan Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas V A SD Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Kasihan Bantul dengan jumlah 27 siswa. Objek penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, lembar observasi guru dan siswa, lembar kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan rumus KKM dan persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas V A SD Kasihan Bantul tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari persentase motivasi pada siklus I, siswa yang memiliki tingkat motivasi tinggi dan sangat tinggi sebanyak 40,74% dengan rata-rata kelas sebesar 76,26. Dan pada pelaksanaan tindakan siklus II siswa yang memiliki motivasi tinggi dan sangat tinggi meningkat sebanyak 96,30% dengan rata-rata kelas sebesar 87,64. Meningkatnya prestasi belajar IPS juga ditunjukkan dari adanya peningkatan ratarata setiap siklusnya. Pada pra siklus rata-rata prestasi belajar adalah 46,93 dengan persentase ketuntasan sebanyak 11,11%, pada siklus I rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 53,52 dengan persentase ketuntasan sebanyak 51,85%, dan pada siklus II rata-rata prestasi belajar meningkat menjadi 82,41 dengan persentase ketuntasan sebanyak 85,19%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, Model Group Investigation (GI)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:13
Last Modified: 30 Aug 2016 04:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item View Item