SARJIYAH, 13144220130 (2016) PENGARUH LAYANAN ORIENTASI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
DOKUMEN I.pdf Download (771kB) |
|
Text
DOKUMEN II.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
Text
DOKUMEN III.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text
DOKUMEN IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
DOKUMEN V + LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan orientasi terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2015 –2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2015 –2016 sebanyak 87 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dengan menggunakan teknik quota purposive random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan layanan orientasi terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2015 –2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,723 dengan p = 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik pemberian layanan bimbingan orientasi terhadap siswa maka semakin baik penyesuaian diri siswa, sebaliknya semakin kurang pemberian layanan bimbingan orientasi maka semakin kurang penyesuaian diri siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa sehingga mudah dalam menyesuaikan diri dalam pergaulan sosial di sekolah maupun masyarakat. Peran penting layanan bimbingan orientasi adalah meningkatkan penyesuaian diri siswa yang baik melalui berbagai program kegiatan yang menunjang proses pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan orientasi, penyesuaian diri |
Subjects: | Psikologi > Psikologi Fisiologis > Emosi dan Perasaan Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Psikologi Individual, Karakter Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Perkembangan Kepribadian dan karakter |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 30 Aug 2016 02:42 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:42 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1013 |
Actions (login required)
View Item |