UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESMENT SATISFACTION (ARIAS) PADA SISWA KELAS IV SD I PEDES SEDAYU BANTUL DIY TAHUN AJARAN 2015/2016

Eko Prihantoro, 12144600111 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESMENT SATISFACTION (ARIAS) PADA SISWA KELAS IV SD I PEDES SEDAYU BANTUL DIY TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan desain berbentuk spiral yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD I Pedes sejumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan rata-rata dan persentase ketuntasan siswa Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran Assurance Relevance Interest Assesment Satisfaction (ARIAS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD I Pedes Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata yaitu dari hasil prasiklus sebesar 61,58 pada siklus I ratarata kelas naik menjadi 70,48 dan pada siklus II naik menjadi 86,20. Persentase ketuntasan prestasi belajar siswa meningkat dari 20,68% atau 6 siswa yang tuntas dari 29 siswa pada prasiklus menjadi 51,72% atau 15 siswa yang tuntas dari 29 siswa pada siklus I dan 86,20% atau 25 siswa yang tuntas dari 29 siswa pada siklus II. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan model ARIAS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD I Pedes Sedayu Bantul Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, IPS, Model Pembelajaran ARIAS
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 26 Aug 2016 06:53
Last Modified: 26 Aug 2016 06:53
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item