Peranan bimbingan karier dan kedisiplinan terhadap motivasi belajar siswa SMK Tahun pelajaran 2015/2016

Suharni, M.Pd., Prodi Bimbingan Konseling UPY (2016) Peranan bimbingan karier dan kedisiplinan terhadap motivasi belajar siswa SMK Tahun pelajaran 2015/2016. Bimbingan Konseling UPY.

[img]
Preview
Text
SUHARNI artikel 2016.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan bimbingan karier dan kedisiplinan terhadap motivasi kerja siswa SMK tahun pelajaran 2015/2016 Penelitian ini dilakukan di SMK Seyegan Tahun Pelajaran 2015/2016, dengan jumlah populasi sebanyak 246 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik quota random sampling, sampel sebanyak 86 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket analisis data dengan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan karier memiliki peranan yang positif terhadap motivasi belajar pada siswa SMK tahun pelajaran 2015/2016, kedisiplinan memiliki peranan yang positif terhadap motivasi kerja pada siswa SMK tahun pelajaran 2015/2016, dibuktikan dengan koefisien korelasi product moment (rxy) sebesar 0,577 dengan p sebesar 0,002 (p < 0,05) atau peranannya sebesar 33%, yang artinya makin baik layanan bimbingan karier , maka makin tinggi motivasi belajar siswa, kedisiplinan memiliki peranan yang positif terhadap motivasi kerja pada siswa SMK tahun pelajaran 2015/2016 ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi product moment sebesar 0,505 dengan peluang galat  (p) sebesar 0,008(p < 0,05) atau memiliki peranan sebesar 25,5% yang artinya makin baik kedisiplinan , maka makin tinggi motivasi kerja siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan karier, kedisiplinan belajar , dan motivasi kerja
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 23 Aug 2016 06:27
Last Modified: 23 Aug 2016 06:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item