HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII SMP N 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

PUJI SANTOSO, 12144200116 (2016) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII SMP N 10 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (675kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 sebesar 170 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 68 siswa dengan menggunakan teknik quota random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara konsep diri dengan perilaku menyontek siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar –0,390 lebih besar dari rtabel 0,239 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian pelaksanaan pemberian layanan bimbingan konseling terutama bimbingan pribadi yang baik dan efektif pada siswa mampu memberikan pemahaman dan wawasan siswa tentang konsep diri dalam upaya mengendalikan dan mengurangi perilaku menyontek pada siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dengan pemberian program kegiatan yang dapat membentuk sikap dan perilaku siswa yang baik. Peran penting bimbingan konseling sosial dalam upaya mencegah dan mengendalikan serta mengurangi perilaku menyontek pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, perilaku menyontek
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental
Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Kemauan: motivasi, brainwashing, persuasi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 12 Aug 2016 07:51
Last Modified: 12 Aug 2016 07:51
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/939

Actions (login required)

View Item View Item