HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DAN KEMANDIRIAN PERILAKU SISWA KELAS VII SMP PGRI KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

WINDA SILVYANI, 12144200017 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL DAN KEMANDIRIAN PERILAKU SISWA KELAS VII SMP PGRI KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara layanan bimbingan pribadi-sosial dan kemandirian perilaku siswa kelas VII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 berjumlah 90 siswa sebagai populasi. Sampel dalam penelitian ini sebesar 60 siswa dengan menggunakan teknik quota cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara layanan bimbingan Pribadi-Sosial dan Kemandirian Perilaku siswa kelas VII SMP PGRI Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,316 dan p = 0,013 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial kepada siswa cenderung dapat meningkatkan kemandirian perilaku siswa, sebaliknya semakin rendah pelaksanaan layanan bimbingan pribadi-sosial diberikan maka semakin rendah pula kemandirian perilaku siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa tentang layanan bimbingan pribadi-sosial dan meningkatkan kemandirian perilaku siswa di sekolah maupun masyarakat. Peran penting layanan bimbingan pribadi-sosial dalam upaya meningkatkan kemandirian perilaku siswa yang baik melalui berbagai program kegiatan yang menunjang proses pembelajaran dan pergaulan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan bimbingan pribadi-sosial, kemandirian perilaku
Subjects: Sosial > Interaksi Sosial, psikologi sosial, sosiometri
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 08 Aug 2016 08:24
Last Modified: 08 Aug 2016 08:24
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item