KORELASI ANTARA SIKAP SOSIAL DAN TINGKAH LAKUPESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR IPSDI SD NEGERI WULUHADEG SRIGADING SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

LUCCIA SHINTA APRIYANTI, 091446000167 (2013) KORELASI ANTARA SIKAP SOSIAL DAN TINGKAH LAKUPESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR IPSDI SD NEGERI WULUHADEG SRIGADING SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA SIKAP SOSIAL DAN TINGKAH LAKUPESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR IPSDI SD NEGERI WULUHADEG SRIGADING SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
Artikel.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA SIKAP SOSIAL DAN TINGKAH LAKUPESERTA DIDIK DENGAN PRESTASI BELAJAR IPSDI SD NEGERI WULUHADEG SRIGADING SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
Artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

LUCCIA SHINTA APRIYANTI. Korelasi antara sikap sosial dan tingkah laku peserta didik dengan prestasi belajar IPS di SD Negeri Wuluhadeg Srigading Sanden Bantul Tahun Ajaran 2012/2013 (2013). Skripsi. Yogyakarta. Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Mei 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara sikap sosial dengan prestasi belajar IPS, untuk mengetahui korelasi antara tingkah laku peserta didik dengan prestasi belajar IPS, dan Untuk mengetahui secara bersama-sama korelasi antara sikap sosial dan tingkah laku peserta didik dengan prestasi belajar IPS di SD Negeri Wuluhadeg Srigading Sanden Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 240 siswa dan sampel sebanyak 142, yang dilaksanakan di SD Negeri Wuluhadeg Srigading Sanden Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dala penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach yang kemudian diolah menggunakan program SPSS16.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data dan deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) variabel sikap sosial pada kategori tinggi dengan hasil persentase 44,37%, variabel tingkah laku pada kategori sangat tinggi dengan hasil persentase 60,56% dan untuk variabel prestasi belajar IPS pada kategori sangat tinggi dengan hasil persentase 51,41%. 2) terdapat korelasi dan signifikan antara sikap sosial dan prestasi belajar IPS di SD Negeri Wuluhadeg Srigading Sanden Bantul dengan nilai rhitung 0,173 > rtabel 0,164. Dapat dilihat koefisien korelasinya 0,173 dimana mempunyai tingkat hubungan yang sangat rendah dan memiliki hubungan yang signifika. 3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara tingkah laku dengan prestasi belajar IPS SD Negeri Wuluhadeg Srigading Sanden Bantul dengan nilai rhitung 0,269 > 0,164 rtabel dapat dilihat koefisien korelasinya 0,269 dimana mempunyai tingkat hubungan rendah dan mempunyai hubungan yang signifikan. 4) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara sikap sosial dan tingkah laku peserta 2 didik dengan prestasi belajar IPS di SD Negeri Wuluhadeg Srigandi Sanden Bantul, dengan nilai Rhitung 0,269 > Rtabel = 0,164. Dengan koefisien korelasi 0,269 yang mempunyai tingkat hubungan rendah dan memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Article
Additional Information: Siti Maisaroh, S.E.M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sikap sosial, tingka laku, prestasi belajar, IPS.
Subjects: Sosial
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rina Ningsih
Date Deposited: 06 Dec 2015 06:58
Last Modified: 06 Dec 2015 07:18
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item