ARUM NOVIAWATI, 12144200066 (2016) HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN MENINGKATKAN RELASI PERTEMANAN SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
BAB 1.pdf Download (697kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text
BAB IV & V.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (653kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan bimbingan sosial dengan kemampuan meningkatkan relasi pertemanan siswa, (2) hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan meningkatkan relasi pertemanan siswa, (3) hubungan antara layanan bimbingan sosial dan pola asuh orang tua terhadap kemampuan meningkatkan relasi pertemanan siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro Tahun Ajaran 2015/2016yang berjumlah 165 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 50 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang telah divalidasi dengan validitas konstruk.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan layanan bimbingan sosial dengan kemampuan meningkatkan relasi pertemanan siswa,hasil perhitungan angka rx1y = 0,389 dengan p = 0,005 < 0,05, yang berarti semakin baik dan efektif pelaksanaan layanan bimbingan sosial terhadap siswa, maka kemampuan relasi pertemanan pada siswa semakin meningkat, (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan pola asuh orang tua dengan kemampuan meningkatkan relasi pertemanan siswa, hasil perhitungan angka rx2y = 0,366 dengan p = 0,009< 0,05, yang berarti semakin baik pola asuh orang tua terhdap siswa maka semakin baik kemampuan relasi pertemanan siswa,(3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara layanan bimbingan sosial dan pola asuh orang tua secara bersama-sama terhadap kemampuan meningkatkan relasi pertemanan siswa, hasil perhitungan angka harga Fhitung= 8,255 dengan (p) 0,001< 0,05, yang artinya semakin baik pelaksanaan layanan bimbingan sosial pada siswa dan semakin baik pola asuh orang tua maka semakin baik kemampuan relasi pertemanan pada siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa layanan bimbingan sosial dan pola asuh orang tua adalah penting artinya bagi peningkatan kemampuan relasi pertemanan pada siswa.Sekolah memiliki peran penting dalam pemberian layanan bimbingan sosial secara efisien melalui pelaksanaan program kegiatan yang berkaitan dengan pola asuh orang tua dan kemampuan relasi pertemanan yang baik dan positif pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan sosial, pola asuh orang tua, kemampuan meningkatkan relasi pertemanan siswa |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 04:01 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 04:01 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/865 |
Actions (login required)
View Item |