PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK N 4 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI ALFIAH, 13155140052 (2016) PENGARUH MOTIVASI KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK N 4 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, dan kompensasi terhadap kinerja guru di SMK N 4 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi kerja, lingkungan kerja, kompensasi dan kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru negeri, naban (tenaga bantuan) dan honorer di SMK Negeri 4 Yogyakarta yang jumlahnya 143 guru. Jumlah guru yang dijadikan sampel penelitian dengan perhitungan quota proporsional random sampling berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru, hal ini dapat terlihat dari nilai t hitung (2,307) yang lebih besar dari t tabel (1,987), terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru, hal ini dapat terlihat dari nilai t hitung (2,155) yang lebih besar dari t tabel (1,987), terdapat pengaruhpositif dan signifikan kompensasi terhadap kinerja guru, hal ini dapat terlihat dari nilai thitung (2,338) yang lebih besar dari ttabel (1,987), dan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja, lingkungan kerja, dan kompensasi secara bersama – sama terhadap kinerja guru di SMK N 4 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016, hal ini dapat terlihat dari nilai Fhitung (9,784) yang lebih besar dari pada Ftabel 2,704. Sumbangan relatif yang diberikan oleh variabel motivasi kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 33,16%, sumbangan relatif yang diberikan variabel lingkungan kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 27,52%, dan sumbangan relatif yang diberikan oleh variabel kompensasi adalah sebesar 39,31%, sehingga total sumbangan relatif adalah 100%. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel motivasi kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 7,77%, sumbangan efektif yang diberikan variabel lingkungan kerja terhadap kinerja guru adalah sebesar 6,45%, dan sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kompensasi adalah sebesar 9,21%, sehingga total sumbangan relatif adalah 23,42%. Berarti ada pengaruh lain sebesarr 76,58% selain motivasi kerja, lingkungan kerja, dan kompensasi yang mempengaruhi kinerja guru. Mengacu pada hasil perhitungan sumbangan efektif, variabel kompensasi mempunyai sumbangan efektif yang terbesar terhadap kinerja guru diikuti oleh variabel motivasi kerja, dan variabel lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: motivasi kerja, lingkungan kerja, kompensasi, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Guru/Tenaga Pendidik, Ahli Pendidikan
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Administrasi Sekolah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 May 2016 04:38
Last Modified: 31 May 2016 04:38
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item