EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP N 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Fiki Febrian Dwi Prasetya, 14144200071 (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP N 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
FIKI_EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik Rational Emotive Behavior Therapy untuk mengatasi perilaku bullying siswa kelas VIII SMP N 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta sebanyak 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 5 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti atau Konseling kelompok dengan teknik Rational Emotive Behavior Therapy cukup efektif untuk mengatasi perilaku bullying siswa kelas VIII SMP N 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Dari hasil uji-t diketahui nilai t = 17,963 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 berarti pemberian treatment dengan pelaksanaan konseling kelompok berpengaruh cukup efektif untuk mengatasi perilaku bullying siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling dapat menerapkan layanan konseling kelompok dengan efektif sehingga dapat mengatasi perilaku bullying pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy, bullying
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr. Nugroho
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:23
Last Modified: 11 Sep 2023 03:23
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/6952

Actions (login required)

View Item View Item