SOBRON NUR DJAMAL, 13255140003 (2016) PENGARUH POLA ASUH, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SMP NEGERI 1 KERTEK, KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015 /2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_hlm.sampul, abstrak,persetujuan,..hingga daftar isi dan BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (352kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri 1 Kertek, Kabupaten Wonosobo. (2) pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri 1 Kertek, Kabupaten Wonosobo. (3) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri 1 Kertek ,Kabupaten Wonosobo. (4) pengaruh pola asuh, status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri 1 Kertek,Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII,VIII dan IX SMP Negeri 1 Kertek, Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016. Jumlah populasi sebesar 758 siswa dan sampel yang digunakan adalah 238. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi parsial dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N=238 pada taraf signifikansi 5 % (0,464>0,127). (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar IPS,ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N=238 pada taraf signifikansi 5 % (0,266 >0,127). (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N=238 pada taraf signifikansi 5 % (0,758 >0,127). (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS, ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel (0,786 > 0,127) serta dari perhitungan F hitung lebih besar dari F tabel (126,276 > 2,65). Variabel Pola Asuh,status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar menyumbang 61,8 % terhadap variabel prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar IPS |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Pendidikan > Sosiologi Pendidikan: aspek sosial dalam pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 13 May 2016 03:24 |
Last Modified: | 13 May 2016 03:24 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/672 |
Actions (login required)
View Item |