ROMZUNl, 13255140061 (2016) BUDAYA SEKOLAH MIN TIRTO SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2015. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
||
|
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui pengembangan budaya sekolah di MIN Tirto Salam Magelang. 2) Mengetahui peran kepala sekolah, guru-guru serta siswa dalam pengembangan budaya sekolah di MIN Tirto Salam Penelitian ini dilaksanakan di MIN Tirto Salam Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Sumber data terdiri atas dua yaitu data primer yaitu para informan (guru, kepala sekolah, siswa) dan data sekunder yaitu dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Pengembangan budaya sekolah di MIN Tirto Salam dilakukan dengan melaksanakan beberapa pembiasaan yang dilakukan di MIN Tirto Salam adalah setiap pagi diadakan membaca Al Quran bersama-sama, membacakan lantunan asmaul husna, mengadakan sholat berjamaah bersama, mengajari siswa untuk tartil dan qiroah, mengadakan bersih diri dan lingkungan , melakukan senam kesehatan yang dilakukan setiap hari jmat, melaksanakan kajian keputrian, mengaktifan kegiatan ekstrakurikuler dan mengadakan pendalaman materi 2) Peran Kepala sekolah, guru, serta siswa dalam pengembangan budaya sekolah adalah (1) Kepala sekolah berperan sebagai motivator yang memberikan motivasi dalam setiap kegiatan yang diadakan di MIN Tirto Salam. Kepala sekolah memberikan dukungan pada guru dan tenaga pendidik yang lain untuk selalu membiasakan dengan kegiatan-kegiatan positif yang ada di sekolah, (2) Peran guru dalam budaya sekolah selain sebagai pendidik, guru harus selalu memberikan contoh sikap-sikap dan perilaku yang baik, hal ini merupakan faktor penting dalam pelaksanaan budaya sekolah di MIN Tirto Salam. (3) siswa berperan pelaksana budaya sekolah yang melaksanakan segala kebiasaan-kebiasaan dan segala program-program kegiatan di MIN Tirto Salam.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | budaya sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Sosiologi Pendidikan: aspek sosial dalam pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 13 May 2016 01:49 |
Last Modified: | 13 May 2016 01:49 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/660 |
Actions (login required)
View Item |