PENGARUH PERSEPSI TENTANG MOVING CLASS, MOTIVASI BELAJAR DAN PELAYANAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS

Sriyani Indri Astuti, UPY and Salamah, UPY (2015) PENGARUH PERSEPSI TENTANG MOVING CLASS, MOTIVASI BELAJAR DAN PELAYANAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS. In: Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.

[img]
Preview
Text
FK41_Sriyani Indri FIX 250-255.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi moving class, motivasi belajar dan pemberian pelayanan sekolah bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Populasi penelitian ini adalah 326 orang siswa kelas VIII SMPN 8 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan sampel penelitian 175 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan quota sample. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Kesimpulan dalam penelitian adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan persepsi moving class terhadap prestasi belajar IPS dibuktikan dengan nilai thitung = 2.701, p = 0,000. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS dibuktikan dengan nilai thitung = 3.144 , p = 0,002. 3) Ada pengaruh positif dan signifikan Layanan Sekolah terhadap prestasi belajar IPS dibuktikan dengan nilai thitung = 2.711, p = 0,007 4) Ada pengaruh positif dan signifikan persepsi moving class, motivasi belajar dan layanan sekolah terhadap prestasi belajar IPS dibuktikan nilai Fhitung = 9.212, p = 0,000.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: moving class, motivasi belajar, layanan sekolah, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Pendidikan/ Pengajaran: hubungan guru dengan siswa, manajemen kelas
Divisions: Prosiding
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 05 Feb 2016 03:13
Last Modified: 05 Feb 2016 03:13
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item