Venantine Shinta, UPY and Wahyu Kurniawati, UPY (2022) Pengembangan Buku Praktik IPA Materi Gaya Magnet Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N MEJING 1. Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Artikel_Venantine_Shinta.pdf Download (120kB) | Preview |
Abstract
Reseach and Development (R&D) merupakan pengembangan dalam penelitian ini. Subjek pada yang dilakukan penelitian ini siswa kelas V SD N Mejing 1. Mmenggunakan teknik uji pengetahuan serta evaluasi tryout. Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan buku praktikum IPA dikatakan sahih yaitu sebesar 82%, ahli media 78% dan 76% untuk guru mata pelajaran IPA. Respon 27 siswa terhadap kemenarikan buku praktik IPA memperoleh persentase 75%. Pada hasil ini penelitian menunjukkan respon positif. Evaluasi belajar siswa memiliki peningkatan yaitu dengan nilai sebelum tes belajar sebesar 57,22 dan setelah tes belajar sebesar 75,22. Hipotesis memiliki nilai thitung (4,780) > ttabel (1,706). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku praktikun dapat pemahaman konsep dan hasil belajar siswa kelas V di SD N Mejing 1.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Praktik, Pembelajaran IPA, Pengembangan Buku, Gaya Magnet, Hasil Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Karya Dosen |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 08:31 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 08:31 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/3726 |
Actions (login required)
View Item |