PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SE KECAMATAN TURI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Eni Lestari, 11144600061 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SE KECAMATAN TURI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Jurnal Eni Lestari (11144600061).pdf

Download (966kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Populasi penelitian ini sebanyak 469 siswa dan sampel penelitian ini sebanyak 202 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (siswa dan orang tua) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar matematika yang ditunjukan thitung = 3,697 , dengan p = 0,000 < 0,05. Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, yang ditunjukan thitung = 7,592 , dengan p = 0,000 < 0,05. Ada pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika, yang ditunjukan Fhitung = 38,529, p = 0,000 < 0,05. Jadi dapat ditegaskan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lingkungan keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh
Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 02 Feb 2016 01:58
Last Modified: 02 Feb 2016 01:58
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item